Rabu, 22 Januari 2014

Data WHO: Penderita Kanker Melonjak Mencapai 14 Juta Orang


Jakarta, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa mengatakan jumlah orang yang didiagnosis menderita kanker di dunia setiap tahun telah mencapai lebih dari 14 juta orang. Faktor apa yang mempengaruhinya?
Data pada tahun 2012 menunjukkan kenaikan kasus dari tahun 2008 yang hanya terdapat 12,7 juta kasus. Pada waktu itu jumlah kematian juga meningkat yaitu sebanyak 76 juta -82 juta kasus kematian akibat kanker.
Meningkatnya penyakit kanker disebabkan oleh perubahan cepat dalam gaya hidup di negara berkembang untuk lebih mencerminkan negara negara industry. Peningkatan orang yang merokok dan obesitas juga berkontribusi atas semakin banyaknya kasus kanker. Kanker paru-paru yang terutama disebabkan oleh rokok, adalah kanker yang paling umum di seluruh dunia, dengan 1,8 juta kasus, sekitar 13 % dari total kasus kanker.
Seperti diansir dari BBC News, Jumat (13/12/2013), WHO juga menggambarkan sebuah peningkatan tajam dalam kasus kanker payudara. Kasus dan kematian telah meningkat sejak tahun 2008. Penyakit kanker payudara ini merupakan kanker yang paling umum terjadi pada wanita di 140 negara.
Dr David Forman, dari Badan Internasional WHO untuk Penelitian Kanker, mengatakan bahwa kanker payudara juga merupakan penyebab utama kematian kanker di negara-negara kurang berkembang di dunia.
“Hal ini sebagian karena pergeseran gaya hidup yang menyebabkan peningkatan kejadian kankee, dan sebagian karena kemajuan klinis untuk memerangi penyakit ini tidak sebanding dengan jumlah orang yang menderita kanker,” ungkap Dr David Forman.
WHO mengatakan ada ‘kebutuhan mendesak’ untuk kemajuan yang dibuat untuk deteksi, diagnosa dan pengobatan kanker payudara untuk diterapkan di negara-negara berkembang.
WHO memprediksi jumlah kasus kanker akan melambung lebih dari 19 juta setahun pada tahun 2025.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar